Kamis, 22 Agustus 2013

Lapangan Ini Saksi Gladi Resik Proklamasi RI

Lapangan Ini Saksi Gladi Resik Proklamasi RI

Jum'at, 16 Agustus 2013 - 20:12 wib
Browser anda tidak mendukung iFrame
Adhia Azkapradhani - Okezone
Monumen Pembulatan Tekad (Foto: dok. Okezone)
Monumen Pembulatan Tekad (Foto: dok. Okezone)
Monumen Pembulatan Tekad

Setelah melihat rumah pengasingan Soekarno di Rengasdengklok, Jawa Barat, jangan terburu-buru untuk meninggalkan daerah ini. Di sini, Anda juga dapat mengunjungi Monumen Pembulatan Tekad.

Letak Monumen Pembulatan Tekad tidak jauh dari Rumah Sejarah. Bahkan, jika berangkat dari Jakarta, monumen ini akan menyambut Anda terlebih dahulu sebelum sampai di Rumah Sejarah. Warnanya yang cerah akan menarik perhatian siapapun yang lewat.

Inilah yang disebut dengan Monumen Pembulatan Tekad. Bentuknya berupa tangan yang mengepal keluar dari sebuah bola. Abrar dari Ekspedisi Fortuga ITB mengatakan bahwa monumen ini dahulu digunakan untuk gladi resik sebelum pembacaan proklamasi di Jalan Pegangsaan Timur.

Memasuki area monumen, Anda akan melihat tugu yang tidak terlalu tinggi dengan tangan mengepal di bagian puncak. Di sekelilingnya, terdapat lukisan dan relief yang menggambarkan momen menjelang proklamasi.

Tak lupa, area ini didominasi warna merah dan putih yang menggambarkan semangat kemerdekaan bangsa Indonesia. Di bagian dinding tugu juga Anda dapat menemukan teks proklamasi yang dibacakan untuk menandakan kemerdekaan Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar